PENGENALAN:
Microsoft Excel merupakan perangkat
lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar,
penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat
lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan
administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks.
Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang
meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang.
Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft
Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih
mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh permasalahan yang
lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang
memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik
atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika
pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat
memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses
penggunaan lebih mudah.
A. Cara memulai aplikasi Microsoft Excel 2007
Langkah-langkah:
1. Klik tombol Start
2. Pilih All Program
3. Pilih Microsoft Office
4. Pilih dan Klik Microsoft Office Excel 2007
3. Pilih Microsoft Office
4. Pilih dan Klik Microsoft Office Excel 2007
B. Mengenal Elemen-elemen Microsoft Excel 2007
Sebelum melakukan pengolahan data
pada Microsoft Excel, terlebih dahulu kita harus mengetahui elemen-elemen
yang ada di Microsoft Exel.
- Unsur-unsur utama Layar Microsoft Excel 2007:
1) Judul
Judul menampilkan judul program dan
dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja
yang aktif.
2) Office
Button
Berisi barisan perintah untuk
pengoperasian Program yang standar misalnya membuat dokumen baru, membuka
dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish dokumen.
3) Akses
Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)
Merupakan sarana yang disediakan
Microsoft Excel untuk mempercepat akses berkomunikasi
dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya.
4)
Toolbar
Merupakan deretan tool-tool
(gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan
mengefisienkan pengoperasian program.
5) Help
Bila kita ingin bertanya sesuatu,
maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut. Ms Excel akan memberikan
alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.
6) Lembar
Kerja (Workbook)Baris ini berisikan informasi
halaman, section, letak insertion point dan tombol pengendali.
7) Celladalah bagian terkecil dalam Worksheet. Cell merupakan pertemuan
antara baris dan kolom makanya cell dinamakan berdasarkan kolom dan baris di
mana dia berada.
8) Baris
Baris berbentuk
horizontal dan dinamai dengan angka, mulai angka 1,2,3, dst. Menurut Excel,
sebuah worksheet maksimal berukuran 1,048,576 baris kali 16,384 kolom. Wow!!!
9) Kolom
kolom berbentuk
horizontal dan dinamai dengan angka, mulai angka 1,2,3, dst. Menurut Excel,
sebuah worksheet maksimal berukuran 1,048,576 baris kali 16,384 kolom. Wow!!!
10) Range
kumpulan cell. Range bisa berupa
beberapa cell dalam satu kolom yang sama. Atau beberapa cell dalam satu baris
yang sama. Atau juga berupa kumpulan cell dalam beberapa kolom dan beberapa
baris.
11) Fungsi
Sebuah rumus yang sudah ada di Excel.
12) Scrool Bar vertical dan horisontal
Untuk memudahkan dalam membaca suatu
dokumen dengan menggulung layar vertikal dan horisontal.
hanya itu informasi yang dapat saya berikan, semoga kalian semua senang....
kamu senang aku juga senang... thankyou....;);)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar