Senin, 17 Februari 2014

MATERI UJIAN PRAKTEK TIK 9 (VIII-2): MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL 2007

haaiii haiii!!! ketemu lagi di blog saya, kali ini saya akan membahas bagaimana cara menggunakan ms. excel 2007, selamat membaca... :):)

PENGENALAN:
Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaan lebih mudah.
     A.   Cara memulai aplikasi Microsoft Excel 2007
          Langkah-langkah:
     1. Klik tombol Start
2. Pilih All Program
3. Pilih Microsoft Office
4. Pilih dan Klik Microsoft Office Excel 2007


    B.   Mengenal Elemen-elemen Microsoft Excel 2007

Sebelum melakukan pengolahan data pada Microsoft Excel, terlebih dahulu kita harus  mengetahui elemen-elemen yang ada di Microsoft Exel.
  • Unsur-unsur utama Layar Microsoft Excel 2007:
1) Judul

Judul menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja
yang aktif.
 2) Office Button
Berisi barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya membuat dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish dokumen.
 3) Akses Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)
Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses  berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya.
 4) Toolbar
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.
5) Help
Bila kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut. Ms Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.
6) Lembar Kerja (Workbook)Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak insertion point dan tombol pengendali.
7) Celladalah bagian terkecil dalam Worksheet. Cell merupakan pertemuan antara baris dan kolom makanya cell dinamakan berdasarkan kolom dan baris di mana dia berada. 
8) Baris
Baris berbentuk horizontal dan dinamai dengan angka, mulai angka 1,2,3, dst. Menurut Excel, sebuah worksheet maksimal berukuran 1,048,576 baris kali 16,384 kolom. Wow!!!
9) Kolom
kolom berbentuk horizontal dan dinamai dengan angka, mulai angka 1,2,3, dst. Menurut Excel, sebuah worksheet maksimal berukuran 1,048,576 baris kali 16,384 kolom. Wow!!!
10) Range
kumpulan cell. Range bisa berupa beberapa cell dalam satu kolom yang sama. Atau beberapa cell dalam satu baris yang sama. Atau juga berupa kumpulan cell dalam beberapa kolom dan beberapa baris.
11) Fungsi
Sebuah rumus yang sudah ada di Excel. 
12) Scrool Bar vertical dan horisontal
Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung layar vertikal dan horisontal.

hanya itu informasi yang dapat saya berikan, semoga kalian semua senang.... 
kamu senang aku juga senang... thankyou....;);)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar